Kamis, 29 Januari 2009

Duit & Seks, Kunci Mengenal Aliran Sesat



JAKARTA - Maraknya aliran maupun sekte yang disinyalir sesat hingga belakangan muncul aliran mesum, sebenarnya mudah dikenali sejak awal. Seperti apa ciri-ciri aliran tersebut? Berikut diungkapkan Pengamat Keagamaan Jalaluddin Rakhmat.

Menurut Jalaludin, saat dihubungi okezone, Kamis (29/1/2009), ada cara maupun ciri umum yang bisa digunakan untuk mengidentifikasikan aliran sesat.

"Yang pertama, ada upacara aneh. Mulai dari mandi kembang sampai macam-macam yang tidak lazim. Kita harus berhati-hati jika bertemu seperti itu," ujar pria yang biasa dipanggil Kang Jalal itu.

Kedua, biasanya sang guru dianggap memiliki ilmu tersembunyi yang tidak dimiliki kelompok lain. Ketiga, ujung-ujungnya duit. "Banyak ungkapan yang digunakan untuk meminta duit. Biasanya dikatakan untuk memobilisasi gerakan, ada istilah membeli ilmu," jelasnya.

Kemudian poin terakhir yaitu ujung-ujungnya aliran tersebut mengutamakan seks.

Untuk poin ketiga dan keempat yakni uang dan seks, lanjut Jalaludin, merupakan ciri yang paling mudah diidentifikasi dan paling penting.

Sementara itu, menanggapi aliran mesum Satria Piningit yang belakangan mencuat, pengajar di Universitas Paramadina, Jakarta itu berpendapat sebagai bentuk dari mimpi seseorang yang frustasi.

"Satria Piningit memang mimpi orang yang frustasi. Selain itu, biasanya mereka rindu dan mengharapkan juru selamat yang mampu menyelamatkan dunia," pungkasnya.(lsi) (mbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar